pinterest.com

5 Ide Tata Ruang Sudut Dapur Strategis namun juga Sederhana dan Elegan

September 14, 2022 By isiruangan 0

Tata ruang sudut dapur sangat penting untuk kenyamanan aktivitas sehari. Area strategis menjadi pertimbangan penting. Tanpilan sederhana dan elegan membuat keseharian pada area tersebut lebih bermakna dan menyenangkan. Desain interior turut mempengaruhi atmosfer dalam area dapur. Menciptakan kesan berbeda yang lebih hidup.

Kamu tidak perlu bingung menempatkan dekorasi furniture pada ruang dapur. Memanfaatkan area sudut yang kosong menjadi area strategis. Berikut 5 ide tata ruang sudut dapur yang strategis namun juga sederhana dan elegan.m

1. Sulap area sudut jadi penyimpanan alat masak

pinterest.com

Sebagai tempat penyimpanan alat memasak, banyak desain interior yang bisa diaplikasikan. Contohnya seperti lemari kabinet kecil yang menyatu dengan meja utama dapur. Kabinet ini terdiri dari ruang-ruang berpintu dan laci-laci serbaguna. Serta tidak memakan banyak tempat.

 

Bagian sudut atas, manfaatkan sebagai tatakan sederhana dengan tampilan modis. Tidak perlu banyak tatakan, sesuaikan dengan space yang ada. Kamu bisa meletakkan vas, pajangan, bonsai, aroma terapi atau yang lainnya.

2. Kabinet sudut untuk menyimpan bumbu dapur

pinterest.com

Kabinet bumbu dapur tidak selalu menyatu dengan meja utama dan terletak pada bagian bawah. Coba nuansa baru dengan kabinet dinding bagian atas seperti gambar. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Model pintu beranjang yang memudahkan untuk mengetahui isi bagian dalamnya.

 

Selain bumbu dapur, perpaduan antara rak bumbu dan rak piring menjadikan dapur lebih elegan dan estetik. Kabinet sederhana serbaguna yang tidak memakan tempat namun memberi ruang yang lebih open space untuk bagian lain.

3. Tatakan dinding minimalis sederhana

pinterest.com

Jika kamu lebih suka penyimpanan dengan nuansa terbuka, tatakan dinding minimalis wajib kamu coba. Selain itu dekorasi lampu menambah kesan dinamis. Tatakan yang cukup panjang memiliki ruang untuk menyimpan bumbu pada boks-boks kecil.

 

Tatakan paling atas gunakan untuk menyimpan bumbu daur yang jarang terpakai. Sedangkan, pada bawahnya untuk bumbu dapur yang sering terpakai. Bagian yang paling bawah sebagai tempat yang lebih variatif manfaatnya.

4. Almari besar untuk menyimpan barang

pinterest.com

Space yang cukup luas memiliki banyak fungsi, terutama di dapur. Jika kamu sudah memiliki banyak kabinet kecil berlaci serta tatakan, almari penyimpanan bisa menjadi andalan. Selain ruang yang luas, barang yang disimpan seperti peralatan memasak, kebersihannya lebih terjaga.

 

Barang-barang pada tempat tertutup lebih terawat dan mudah untuk menyimpannya. Almari besar tentunya memiliki banyak ruang pada bagian dalamnya. Kamu bisa menyimpan alat-alat besar dan berat.

5. Jadikan ruang untuk menyimpan alat yang sering dipakai

pinterest.com

Kamu sering membuat kue dan bingung menyimpan blender? Atau sering memanggang roti, tetapi bingung menyimpan alatnya? Sedangkan jika disimpan dalam lemari akan kerepotan harus mengangkatnya jika sedang membutuhkannya. Ruang penyimpanan bergaya garasi terbuka ini bisa menjadi solusi.

Desainnya nampak seperti garasi dengan tampilan garis-garis horizontal. Dengan area yang tidak luas namun juga tidak sempit. Pas untuk menyimpan mesin khusus seperti blender atau panggangan. 

 

Selanjutnya, Ide di atas bisa kamu coba terapkan untuk desain rumah minimalis. Tata ruang sudut dapur yang strategis namun juga sederhana dan elegan. Beberapa desain interior yang bisa kamu jadikan alternatif untuk menciptakan nuansa dinamis area dapur.

Misalnya kabinet penyimpanan yang bisa kamu temukan di isiruangan.com. Ada banyak pilihan dengan desain, warna dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Buruan cek hanya di isiruangan.com

X