pinterest.com

Buku-buku Cepat Berdebu di Rak? Ikuti 5 Tips Merawat Rak Buku dengan Mudah

Agustus 28, 2022 By isiruangan 0

Tidak asing lagi dengan buku-buku yang di display di rak sering sekali kotor dan berdebu. Mungkin tidak terlalu terlihat dari kejauhan, tetapi begitu mendekat dan disentuh, kotorannya tebal sekali hingga menempel di kisi-kisi buku dan juga rak bagian dalamnya. Ada banyak tips merawat rak buku yang perlu kamu tahu.

Hal ini tentu membuat tidak nyaman dan menjadi malas membaca buku. Bagaimana cara membuat buku-buku tidak cepat kotor meski disimpan di rak? Lakukan beberapa cara ini minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Di bawah ini berikut 5 tips merawat rak buku yang perlu kamu lakukan.

1. Bersihkan rak dengan kemoceng

Jika kamu malas baca buku, otomatis buku akan kotor. Tidak hanya bukunya, tetapi juga rak-nya. Hal ini membuat rak jadi terlihat usang dan jelek. Perabotan rumah yang berdebu membuat suasana yang tadinya dinamis menjadi statis, karena peralatan terlihat rusak dan tidak lagi berguna.

 

Cukup gunakan kemoceng dan bersihkan debu minimal satu minggu sekali agar debu tidak menumpuk. Jika debu sudah menumpuk kamu akan semakin malas membersihkannya. Itu membuat rak buku tidak lagi ceria saat seperti baru.

2. Gunakan kuas untuk membersihkan kisi-kisi yang sempit

Kemoceng tidak akan sampai membersihkan sudut sempit di rak seperti kisi-kisi sudut yang jarang terjamah. Solusinya adalah gunakan kuas panjang, kalau perlu gunakan pelumas atau cairan khusus yang toleran pada bahan rak.

 

Sudut yang sempit adalah tempat sarang laba-laba jika dibiarkan berlama-lama. Sebelum itu terjadi pada rak buku kesayanganmu, segera bersihkan agar kamu tidak perlu merasa ngeri melihat laba-laba bersarang di buku-buku favorit.

3. Letakkan tanaman hijau atau aroma terapi di dekat rak

Tanaman hijau dan aroma terapi dapat mencegah serangga masuk seperti laba-laba yang disebutkan tadi. Sehingga membuat rak aman dari debu. Kamu bisa meletakkan pot tanaman atau aroma terapi di dekat rak atau bisa juga di atap rak yang memiliki tempat agak lebar.

 

Selain aroma terapi kekinian, kamu juga bisa membuat aroma terapi alami yang bisa kamu dapatkan sendiri. Misalnya bunga melati asli, tanaman kaktus dan tanaman yang sekiranya tidak terlalu besar untuk diletakkan di atas rak. Kamu bisa mencobanya.

4. Rapikan dan tata buku dengan baik

Selain kotoran dan serangga yang menyebabkan rak mudah berdebu, buku yang tidak tertata rapi juga menyebabkan rak mudah kotor. Biasakan untuk merapikan buku setelah dibaca. Jangan terlalu sering memilah buku dan tidak mengembalikan ke tempat semula, buku menjadi kotor karena berantakan.

 

Setiap selesai belajar, usahakan rapikan buku. Jika kamu sering merapikan buku, debu tidak akan melapisi rak dengan cepat. Hal ini membuat rak jadi lebih awet dan tahan lama.

5. Pastikan kamu rutin membersihkannya

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan tips di atas dengan teratur. Melakukannya sesekali atau tidak sama sekali, sama saja sengaja membuat rak buku kesayanganmu cepat rusak.

 

Perabot dan perlengkapan rumah lainnya perlu dibersihkan dengan teratur agar tidak mudah usang. Percuma saja membeli perabotan mahal tetapi kamu tidak pernah memperhatikannya.

Sudah paham kan cara agar rak bukumu awet? Lakukan 5 tips merawat rak buku di atas dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Rak buku sangat penting untuk dirawat agar bisa difungsikan dengan baik. Karena itu, kamu harus pintar-pintar mencari rak buku yang memiliki bahan awet serta tahan lama.

Tunggu apalagi? Segera cek di website Isiruangan.com dan dapatkan berbagai macam penawaran dan rekomendasi rak berkualitas lainnya. Ada banyak pilihan desain, motif dan warna sesuai dengan seleramu.


source pic: pinterest

X