pinterest.com

Sofa Cepat Kotor? Lakukan 5 Tips Merawat Sofa Tetap Bersih

September 10, 2022 By isiruangan 0

Sofa merupakan furniture yang cepat kotor, terutama jika kamu menempatkannya pada bagian ruangan yang agak luas dan terbuka. Tentu pastinya saat menepuk bagian bantalannya yang empuk banyak kan? Kotoran yang beterbangan dan membuat bersin. Karena itu perlu merawat sofa tetap bersih dan terjaga

 

Selain debu kotor, sofa bisa ditumbuhi jamur dan menjadi tempat tinggal tungau. Jika sudah arah, akan muncul bintik-bintik kehitaman di sofa yang membuat kamu enggan menggunakannya.

 

Jangan cepat-cepat menyimpulkan kalau membersihkan sofa sangat sulit. Perhatikan 5 tips merawat sofa agar tetap bersih di bawah ini. 

1. Hindari menumpahkan minuman ke sofa

isiruangan.com

Sofa yang basah akan menjadi tempat favorit para kuman, bakteri dan jamur. Jadi sebisa mungkin berhati-hatilah jika membawa minuman ke sofa. Menjaga agar sofa tetap kering adalah cara terbaik untuk mencegah sofa menjadi tempat kotor

 

Selain sarang kuman. Sofa basah menjadi tidak sehat untuk kamu tempati, meskipun telah dibersihkan. Karena air yang telah diserap sofa akan tetap merembes masuk dan menjadi tempat tinggal para tungau. 

2. Bersihkan sofa dengan vacuum cleaner

isiruangan.com

Sofa memiliki bagian-bagian sempit yang sulit dijangkau dengan tangan, seperti lipatan antara sandaran dan bagian tempat duduknya. Jika kamu memaksa membersihkannya dengan lap, tempat sempit itu akan tetap kotor.

Jadi, gunakanlah vacuum cleaner khusus untuk area-area lipatan yang sempit. Jika kaki juga dilapisi bahan yang halus dan empuk, jangan lupa untuk sekalian membersihkannya. Area kaki sangatlah rawan untuk kotor. Bersihkan sofa dengan vacuum cleaner agar tetap bersih.

3. Semprot sofa dengan sedikit cuka

isiruangan.com

Cuka memiliki sifat asam. Bau asam yang menyengat dibenci oleh serangga dan jamur. Jika kamu terlalu malas untuk mengelapnya, gunakan cuka untuk mencegah sofa kotor dan bau.

 

Pertama-tama larutkan cuka dalam air. Tuang air cuka ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan sedikit-sedikit di sofa. Cukup semprotkan sedikit saja, tidak usah berlebihan. Ini dapat mencegah sofa menjadi kotor dan bau.

4. Selalu bersihkan bantal

isiruangan.com

Merawat sofa agar bersih juga dimulai dari menjaga aksesori yang ada di sofa, seperti bantal. Selain menjadi aksesori, bantal juga difungsikan untuk banyak hal di sofa.

 

Ada beberapa cara untuk membersihkan bantal. Kamu bisa mencucinya atau menggantinya dengan rutin. Kebersihan bantal juga menjadi kebersihan sofa, jadi tetap jaga bantal sofa tetap bersih ya.

5. Lakukan secara rutin dan teratur

isiruangan.com

Jangan biarkan debu, jamur dan kuman menjadikan sofa kamu sebagai rumah mereka. Sofa yang kotor tidak lagi higienis. Jika perlu semprotkan wangi-wangian atau gunakan aroma terapi untuk mencegah sofa cepat bau.

 

Lakukan cara di atas untuk merawat sofa agar tetap bersih serta terhindar dari kuman dan bakteri. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin dan teratur.

Lakukan 5 tips di atas dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sofa sangat penting untuk dirawat agar bisa difungsikan dengan baik.  Selain menggunakannya untuk tempat duduk, sofa juga mempercantik ruangan.

Jangan sampai kamu terlambat memberishkannya dan membuat muncul bintik-bintik hitam di sofa. Karena itu, kamu harus pintar-pintar mencari sofa yang memiliki bahan yang awet dan tahan lama.

 

Cek di website Isiruangan.com dan dapatkan berbagai macam penawaran dan rekomendasi rak berkualitas lainnya. Ada banyak pilihan desain, motif dan warna sesuai dengan seleramu.

X